![]() |
Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog Bisnis? |
Sudah seharusnya sebuah bisnis memiliki kehadiran
di internet agar dikenal lebih banyak orang, bahkan banyak pengusaha yang
meng-online-kan bisnis mereka dengan mengeluarkan effort besar dan banyak uang.
Website statis dan blog adalah dua hal yang berbeda, website bisnis
biasanya berbentuk statis sedangkan blog bentuknya dinamis karena selalu
ada update konten secara berkala.
Mungkin ada pengusaha yang sudah memiliki
website untuk bisnis mereka bertanya “Bisnis saya sudah punya website. Bisnis
Saya sudah go online, dan pelanggan bisa melihat informasi perusahaan saya di
website tersebut. Buat apa lagi saya membuat blog?”
Pertama: Sebaiknya anda tidak menganggap bahwa website bisnis dan blog bisnis adalah dua
web yang terpisah. Sebenarnya anda bisa menambahkan direktori khusus
untuk blog pada website bisnis Anda. Misalnya URL website bisnis Anda adalah
www.bisnismax.com, maka Anda bisa menambahkan direktori baru atau sub domain
baru untuk blog bisnis sehingga URL nya adalah www.bisnismax.com/blog atau
blog.bisnismax.com.
Kedua:
Konten pada website bisnis biasanya berbentuk statis, sangat jarang atau
bahkan tidak ada perubahan yang berarti dalam waktu yang lama. Bisa saja Anda
memuat informasi tentang bisnis Anda di web bisnis yang statis tersebut
sehingga pelanggan dapat melihat informasi lengkap tentang bisnis Anda. Namun,
bila tidak ada update konten pada website Anda maka website tersebut tidak akan
maksimal di mesin pencari, misalnya Google. Mesin pencari seperti Google lebih
mengutamakan website yang selalu mengirimkan konten yang update dalam hasil
pencarian mereka.
Ketiga:
Website bisnis mungkin bisa memberikan informasi tentang bisnis Anda jika
orang-orang mencari berdasarkan dengan kategori tertentu ataupun nama
bisnis Anda. Namun bila mereka sedang mencari informasi pendukung yang masih
berhubungan dengan industri bisnis Anda, kemungkinan mereka tidak akan
menemukan website Anda di mesin pencari dan Anda kehilangan calon klien
potensial terus menerus.
Keuntungan Memiliki Blog Bisnis
Mari kita melihat beberapa keuntungan memiliki
sebuah blog untuk bisnis. Salah satu atau mungkin beberapa diantaranya akan
dapat memenuhi tujuan bisnis Anda.
1. Memberikan Kemudahan Pada Pelanggan
Salah satu tujuan kita membangun sebuah blog untuk bisnis adalah untuk memberikan kemudahan dan layanan pada pelanggan. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan saat membangun konten blog untuk para pelanggan:
Membangun konten untuk
pelanggan potensial; Anda pasti ingin meningkatkan jumlah leads
atau calon pelanggan pada bisnis Anda. Akan lebih baik bila konten yang
dibangun sesuai dengan target market Anda. Misalnya bisnis Anda adalah jasa
pembuatan website, maka konten yang harus Anda bangun adalah yang berhubungan
dengan website, misalnya cara merawat website, cara memaksimalkan performa
sebuah website, dan sebagainya.
Membangun konten untuk
membantu klien; Anda pasti ingin mempertahankan semua klien
agar tetap menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Maka manfaatkan
konten blog bisnis Anda untuk memberikan informasi terbaru pada klien, misalnya
informasi yang membantu klien dalam memaksimalkan produk yang mereka beli
dari Anda.
Membangun
konten untuk subscriber; calon klien dan pelanggan tetap
di bisnis Anda adalah orang-orang yang harus terus diperhatikan. Berikan konten
yang bermanfaat bagi mereka, jangan hanya mengirimkan penawaran. Jika saat ini
Anda belum membangun email list, maka sebaiknya mulailah dari sekarang.
2. Membantu Meningkatkan Popularitas di Media Sosial
Jaman sekarang siapa sih yang tidak menggunakan
media sosial? Sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun media
sosial, misalnya Twitter, Facebook, Google+, dan lainnya. Dan kabar baiknya
adalah media sosial dapat membantu meningkatkan popularitas bisnis Anda di
internet. Apakah bisnis Anda kesulitan meningkatkan reputasi di media
sosial? Konten blog Anda dapat membantu bisnis Anda semakin terkenal di media
sosial, begini caranya:
Mengirimkan konten ke media sosial bisa
memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan memasang iklan, tentunya ada
strategi yang harus anda ketahui. Anda juga harus memperhatikan apa saja yang
harus anda kirimkan ke media sosial, sebaiknya Anda mengingat rumus 80/20,
artinya hanya 20% dari status di akun social media Anda yang mempromosikan
bisnis Anda. Nah, jika Anda mengirimkan link blog posting pada 20% status Anda
di social media, kemungkinan besar orang yang tertarik dengan bisnis Anda akan
menjadi fans atau followers di media sosial.
Saat anda membangun konten
dan mengirimkannya ke sosial media, pastikan konten yang anda kirim
tersebut memberikan value pada fans atau followers di media sosial. Fans atau
followers tersebut kemungkinan besar akan suka rela membagikan/me-retweet
konten tersebut di media sosial sehingga akan semakin banyak orang yang akan
melihatnya. Pada proses ini, secara tidak langsung akan meningkatakan
popularitas brand bisnis Anda di internet.
3. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) Website Bisnis
Mesin pencari, terutama Google, lebih
mengutamakan web yang selalu up to date dengan konten baru. Nah, blog bisnis
Anda akan membantu ranking website bisnis dengan beberapa cara.
Konten blog menjadi
ukuran bahwa website Anda memiliki kualitas; Seperti yang anda ketahui, Google bekerja keras untuk selalu memberikan hasil pencarian yang
lebih relevan pada Search Engine mereka. Salah satu faktor yang mengindikasikan
bahwa sebuah website layak mendapat peringkat baik di Google adalah kualitas
kontennya. Membangun konten yang unik dan berkualitas secara kontinu akan
membantu website Anda mendapat peringkat lebih baik di Google.
Konten blog dapat
membantu untuk mendominasi mesin pencari; Salah satu cara
terbaik untuk terus mendapatkan pelanggan dan klien baru adalah menjaga
peringkat website Anda di mesin pencari. Jika user mencari informasi tertentu
di Google dan konten blog Anda ternyata tampil dengan ranking yang baik,
maka hasilnya kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan baru
terus menerus dari mesin pencari.
4. Meningkatkan Reputasi Brand Bisnis
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya,
memiliki blog akan membantu Anda meningkatkan popularitas brand bisnis Anda
secara online. Saat Anda konsisten membangun konten yang bermanfaat bagi orang
lain, maka dapat dipastikan bahwa website Anda lambat laun akan menjadi
pemimpin di industri yang Anda geluti. Brand bisnis yang sudah memiliki
popularitas baik di industri tertentu biasanya juga akan mendominasi hasil
pencarian di mesin pencari Google.
Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab
pertanyaan Anda mengapa blog bisnis itu sangat penting. Dari penjelasan di
atas, poin mana yang paling dibutuhkan oleh bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar