![]() |
Bisnis Online Yang Dasyat |
Menjalankan bisnis online tampaknya memang mudah untuk dilakukan. Bermodalkan seperangkat
komputer, gadget, atau smartphone dengan koneksi internet, Anda dapat segera
memulai bisnis online saat itu juga. Namun ternyata ada persoalan lain yang
timbul dari kemudahan tersebut.
Menjalankan bisnis melalui internet membuat Anda harus pandai-pandai memanfaatkan media yang ada untuk menarik perhatian calon
pelanggan. Anda tak bisa lagi menggunakan mimik wajah dan gesture yang
bersahabat untuk meyakinkan calon pelanggan. Namun, sebagai gantinya Anda dapat
memanfaatkan deretan kata-kata, gambar, file suara dan video untuk berusaha
meyakinkan calon pelanggan.
Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda
lakukan ketika mengelola bisnis online adalah dengan memperhatikan diksi
(pemilihan kata) atau bahasa marketing dalam usaha online yang Anda
jalankan. Pemilihan kata yang tepat dan digunakan pada waktu yang tepat
ternyata sangat efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan.
Apa saja sih bahasa marketing yang powerful
dan biasa digunakan para pebisnis online? Untuk mengetahuinya, mari simak
dulu ulasannya berikut ini:
1. Anda atau Kamu?
Penggunaan kata Anda yang terdengar sangat simpel
ternyata sangat efektif untuk mulai menjalin hubungan baik dengan calon
pelanggan. Kata Anda biasanya terdengar sangat profesional, sopan dan terkesan
interaktif. Selain itu, untuk menciptakan kesan santai dan bersahabat, para
pebisnis online juga dapat menggunakan kata kamu atau you ketika berinteraksi
dengan calon pelanggan.
Namun di sisi lain tak jarang pula akun media sosial
perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan kata kamu untuk mengakrabkan diri
dengan target pelanggan mereka. Hal ini mungkin lebih banyak digunakan dalam
tahapan dimana Anda sudah cukup dekat dengan pelanggan atau misalnya dalam
suasana event khusus seperti sebuah campaign kuis online agar
percakapan terkesan lebih santai. Dalam hal ini memilih sapaan yang tepat akan
menjadi kunci sukses pelanggan anda betah menjalin hubungan bisnis di kemudian
hari.
2. Kata “GRATIS” yang Powerful
Hampir semua orang akan merasa tertarik ketika
mendengar kata gratis. Kata Gratis sangat identik dengan produk yang murah,
diskon besar-besaran atau produk yang bisa diperoleh secara cuma-cuma.
Sepertinya kata gratis ini memang memiliki efek magis yang sangat powerful
untuk membuat orang-orang membeli produk anda walaupun gratisan tersebut bisa
didapatkan dengan syarat dan ketentuan tertentu.
Misalnya saja, beli 2 gratis 1, atau gratis
produk minyak goreng 2 liter (setelah pembelanjaan senilai Rp 500.000,-). Hmm,
tetap kedengaran seru kan… tapi yang perlu kita perhatikan yakni jangan sampai
menipu konsumen bersenjatakan kata “gratis”. Pasalnya ini akan menjadi senjata
makan tuan jika para konsumen yang sudah kepincut ternyata sadar ada upaya
penipuan.
3. Membuat Kesan Atraktif dengan Kata “NEW”
Kata new ternyata sangat efektif untuk
meningkatkan rasa penasaran calon pelanggan anda. Mereka akan menaruh
ekspektasi yang tinggi mengenai new spesification, new design, new technology
atau new innovation. Walaupun pada kenyataannya tak banyak peningkatan atau
keunggulan berbeda yang anda tawarkan, namun kata new ini tetap efektif untuk
membuat calon pelanggan tergoda dan mencoba membeli produk Anda.
4. Kata ”AMAN” yang Membuat Nyaman
Penggunaan kata aman memang sangat diperlukan
untuk sejumlah produk tertentu seperti makanan, minuman, obat-obatan herbal dan
zat pembasmi nyamuk. Pastikan untuk melakukan riset mengenai keamanan produk
anda sebelum menggunakan kata “aman”.
Bila perlu, ajukanlah izin pada departemen
kesehatan untuk menjamin legalitas dan keamanan kandungan produk anda. Kata
aman yang dapat anda nyatakan dan berikan kepada pelanggan akan membuat
pelanggan mempertahankan loyalitas mereka.
5. Kehebatan kata “GARANSI”
Kata garansi memang sangat efektif untuk
meyakinkan calon pelanggan yang masih kurang yakin dengan segala aktivitas
belanja online. Kata garansi akan membuat mereka yakin akan keraguan-keraguan
seperti ketakutan ditipu, takut barang tidak sesuai dengan foto-foto di dunia
maya, takut akan risiko kerusakan dan berbagai bentuk ketakutan lainnya.
Gunakan kata garansi yang sesuai dengan kualitas pelayanan yang dapat Anda
berikan.
Sertakan pula ketentuan mengenai garansi yang
Anda maksud secara detail agar pelanggan tidak salah paham dan merasa tertipu.
Kata garansi juga akan memberikan kesan service after sales yang baik untuk
membangun branding bisnis online Anda menjadi bisnis yang berkualitas dan
terpercaya.
Nah, melalui ulasan ini sekarang anda dapat lebih
teliti dalam memilih kata-kata yang tepat untuk menarik calon pelanggan anda.
Hendaknya pemilihan kata-kata yang efektif dalam bahasa marketing juga
dibarengi dengan inovasi dan pelayanan yang memuaskan agar Anda dapat
senantiasa mengungguli persaingan bisnis online yang semakin ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar