Translate

Rabu, 04 Februari 2015

Kesalahan Pebisnis Online Dan Cara Menepisnya - Bag 2

Kesalahan Pebisnis Online Dan Cara Menepisnya - Bag 2

#1. Tidak Mau Bekerja Keras

Tidak mau bekerja keras, sifat buruk ini hampir melanda baik newbie maupun yang sudah master.
Para newbie menganggap bisnis online itu mudah, bisnsi online itu bisa berjalan “otomatis”. Bisa mendapatkan uang bahkan jika Anda saat sedang tertidur pulas.
Memang faktanya demikian, tapi untuk mencapai bisnis yang “otomatis” tersebut, anda perlu merancang sistemnya, membuat bisnis online Anda berjalan sendiri, dengan cara sedikit bekerja keras di awal-awal untuk menciptakan sebuah sistem.

#2. Malu Bertanya

Masih ingat dengan peribahasa ini? “Malu bertanya sesat dijalan” peribahasa ini nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun peribahasa ini sangat sering sekali di langgar oleh pebisnis online kita.

Entah apa alasannya kok masih melanggarnya,,,  takut disebut “payah”, atau di ejek dsb. Saran saya, tebalkanlah muka anda, beranikan diri untuk bertanya jika menemukan kesulitan, siapa tahu itu jalan Anda mencapai kesuksesan, dan tidak ingin kan gagal hanya karena malu, Saya sendiri masih sering bertanya kepada orang-orang yang saya anggap lebih mengerti, meskipun orang itu lebih tua dari saya, tidak menjadi masalah, dari pada di pendam sendiri lebih baik di tanyakan, tidak masalah di
bilang “payah” tapi pasti mendapat apa yang kita inginkan.

#3. Tidak Memiliki Jadwal Yang Jelas

Jika Anda tidak memiliki jadwal yang jelas, maka Anda akan seenaknya sendiri mengurusi bisnis online Anda. Sebaiknya buatlah jadwal yang tetap setiap hari, misalkan jika pagi Anda bekerja di kantor, bisnis online Anda bisa dijalankan di malam hari, 2-3 jam rutin setiap hari.

Buat jadwal yang tertulis, dan berdisiplinlah, jika Anda melanggarnya maka berikan sanksi pada diri Anda sendiri. Jika hari ini Anda tidak menjalankan bisnis online Anda karena ada kesibukan lainnya, maka besok jam kerja Anda di internet harus di tambah untuk menggantinya.

#4. Sombong
Kesalahan ini juga sangat fatal, jika ada orang yang merasa dirinya paling bisa, paling pintar, ini sangat berbahaya bagi dirinya sendiri. Mengapa ? karena dengan merasa demikian pasti orang itu tidak mau menerima masukan, kritik, saran dan bisnis online yang dijalani tidak semakin berkembang, tapi malah semakin lesu.

Sikap seperti ini biasanya orang-orang yang sudah cukup lama bergelut dengan bisnis online, kemudian ia merasa tahu tentang segala galanya tentang bisnis online. Sikap ini sangat tercela, dan bisa menjadi di benci oleh orang dan ilmunya tidak akan berkembang..
Ilmu akan bermanfaat ketika di ajarkan kepada orang lain, betul kan?  jadi janganlah sombong, rendah hati dan sukalah menolong pada sesama.

#5. Tidak Mau Mecoba Hal Baru

Tidak mencoba hal-hal baru, tidak mencoba teknik-teknik baru, tidak mencoba cara-cara promosi baru, adalah salah satu cara untuk gagal di dunia bisnis online yang sangat cepat perkembangannya.
Internet adalah sebuah media yang dinamis, semua bisnis berkembang dengan cepat di sini.

#6. Tidak Punya Tujuan

Layaknya hidup ini, dalam sebuah bisnis online pun, Anda juga harus menetapkan tujuan Anda. Jadi apa–apa yang anda kerjakan sudah tertulis rapi, tidak berjalan seenaknya begitu saja.

#7. Terlalu Banyak Gangguan

Untuk yang masalah rencana, oke, menyusun rencana memang mudah. Tapi yang jadi masalah, kadang untuk melaksanakan rencana-rencana itu semua terasa sangat berat karena adanya berbagai macam “gangguan yang membahagiakan” ? dalam kegiatan online Anda, seperti :

Browsing tidak jelas
Berburu MP3 & software (apalagi yang illegal)
Membaca komik online
Aktif di forum gossip (bukan forum internet marketing)
Membaca komik online
Berselancar di facebook, twitter dll.
Bermain game online
Baca berbagai blog tanpa tujuan jelas
“Menghabiskan” berbagai video di youtube.com
Dan sebagainya...

Menyenangkan bukan kegiatan-kegiatan tersebut? Ya menyenangkan, tapi jelas tidak menguntungkan. Para pebisnis online yang terjebak dalam kegiatan seperti itu biasanya hasil bisnisnya tidak maksimal. Mereka bisa dibilang orang yang sibuk. Sayangnya, mereka tipe orang yang sibuk tapi tidak produktif.

#8. Tidak Mau Bekerja Cerdas

Kesalahan fatal berikutnya adalah tidak mau bekerja cerdas, ini juga sering di lakukan oleh para pebisnis online kita, misalkan :
Ketika ingin share URL yang panjang ke facebook, tidak tahu caranya menyingkat alamat URL yang panjang itu, padahal ada triknya supaya URL menjadi pendek.

#9. Suka Menunda Pekerjaan

Jangan suka mengucap “ah nanti aja”
Ini kebiasaan pebisnis online kita, pekerjaan yang sebenarnya bisa selesai waktu itu juga, jadi molor sampai besok dan tak akan kunjung selesai.
Kerjakan apa yang bisa Anda kerjakan sekarang, janganlah bersantai-santai sebelum pekerjaan anda terselesaikan, kecuali kalau memang butuh istirahat..
Ingat teman, jika kita terbiasa menunda pekerjaan, maka pekerjaan akan menumpuk dan terasa berat, padahal jika kita mulai sekarang sudah mengerjakannya, maka semua akan terasa ringan.

#10. Tidak Menerima Kritik Saran

Kesalahan ini nampaknya berhubungan dengan kesalahan yang terdahulu saya bahas, yakni sombong. Untuk kesalahan tidak menerima kritik dan saran ini, jangan di lakukan ya, sebaiknya Anda menerima semua kritik dan saran dari client atau prospek Anda, ini semua juga demi kualitas kita dalam meningkatkan kinerja di bisnis online ini.
Tentunya dengan kritik dan saran yang membangun, supaya bisnis online yang Anda jalani bisa semakin berkembang, tahu akan kekurangan-kekurangan , dan dengan segera Anda bisa memperbaikinya.

#11. Tidak Bersabar, Mudah Menyerah

Tidak bersabar, mudah menyerah, ini sering dilakukan oleh para newbie/pemula. Baru Action sedikit sudah mengeluh, bisnis online itu sulit, belum mempraktekkannya udah bilang susah dan akhirnya mengibarkan bendera putih. Ingat kembali, kesuksesan itu tidak ada yang instant, semua butuh proses, dan proses itu mutlak harus kita jalani. Jika Anda sudah yakin bahwa bisa sukses di bisnis online ini, maka jalani sepenuh hati.


Terakhir pesan saya, jika Anda ingin sukses, segera lakukan dalam tindakan nyata, jangan cuma jadi angan-angan saja. Belajarlah dari yang sudah sukses, jangan belajar dari orang yang salah.

baca juga Kesalahan Pebisnis Online Dan Cara Menepisnya - Bag 1
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar